Ibadah Paskah GKI Gading Serpong telah dilaksanakan pada 31 Maret 2024. Namun, kegiatan Paskah tidak hanya itu. Mari kita simak rangkaian kegiatan dan harapan Panitia Paskah GKI Gading Serpong 2024, berdasarkan wawancara yang dilakukan Monica Horezki terhadap Panitia Paskah 2024, yang diwakili oleh Pnt. Elang Rabindra Wira Handika (ketua panitia), Pnt. Lydia Kurniawati (sekretaris), Pnt. Shasy Indria Sukmawati (bendahara I), dan Jayanti Indra Vuri (bendahara II), melalui aplikasi Zoom, pada 2 April 2024.

Diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pnt. Lydia, wawancara dilanjutkan dengan perkenalan para anggota panitia. Pnt. Elang adalah penatua yang mendampingi KPU (Komisi Pelayanan Umat) sejak 2022.  Pnt. Lydia mendampingi Komisi Anak sejak 2023, sebelumnya mendampingi Komisi Liturgi dan Musik pada 2020-2023. Pnt. Shasy juga merupakan penatua pendamping KPU. Sebelumnya, ia melayani sebagai kordinator wilayah IV sejak 2016. Vuri melayani di KPU sejak 2022.

Menurut panitia, rangkaian Paskah 2024 berlangsung sejak Rabu Abu, 14 Februari 2024, dilanjutkan Pra-Paskah I-VI (Minggu Palmarum), Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, dan Paskah. Perayaan Paskah Anak diselenggarakan oleh Komisi Anak pada 30 Maret 2024. Perayaan Paskah Komisi Youth & Teens dilaksanakan pada Minggu subuh, 31 Maret 2024. “Teruslah Berkarya, Tuhan Sudah Buka Jalan”, merupakan tema Paskah GKI GS, sesuai dengan tema yang telah ditetapkan oleh Sinode Wilayah Jawa Barat.

Dalam kepanitiaan masa raya Paskah dan masa raya Natal 2024, badan pelayanan jemaat yang ditugasi adalah Bidang Persekutuan dan Peribadahan (Persib) GKI Gading Serpong, yang terdiri dari Komisi Multimedia (Mulmed), Komisi Ibadah, Komisi Liturgi dan Musik (KLM), dan Komisi Persekutuan Umat (KPU). Kali ini, yang diberi mandat untuk membentuk Panitia Paskah 2024 adalah Komisi Persekutuan Umat, sedangkan Komisi Ibadah ditugaskan membentuk kepanitiaan Natal 2024.

KPU sendiri berawal dari penggabungan dua komisi dan satu tim, yaitu Komisi Komunitas Wilayah, yang menyelenggarakan persekutuan wilayah; Komisi Perlawatan dan Kedukaan, yang melakukan pelayanan kedukaan dan pascakedukaan, serta melawat jemaat; dan Tim Atestasi dan Penyambutan Jemaat, yang mengurus atestasi masuk/keluar GKI GS. Dengan penggabungan ini, diharapkan pelayanan kepada jemaat dapat lebih terintegrasi dan menjangkau sampai ke seluruh wilayah, sehingga jemaat dapat berperan aktif dalam persekutuan wilayah dan semua kegiatan gereja lainnya, seperti pelayanan kedukaan dan perlawatan, serta keterlibatan wilayah dalam menerima dan melawat jemaat saat atestasi masuk dan keluar.

Dalam pelaksanaan rangkaian Paskah 2024, panitia berusaha melibatkan jemaat GKI Gading Serpong dari kesepuluh wilayah (wilayah I-X) yang ada, dengan dua wilayah yang dimekarkan yaitu wilayah VIIA-VIIB dan VIIIA-VIIIB, dengan daerah cakupan sebagai berikut:

Wilayah

Daerah Cakupan

I

Gading Serpong sektor 1A, Jakarta (Puri Indah, Kosambi), dan sekitarnya.

II

Gading Serpong sektor 1B, 1E, Batavia, Fluorite, Serenade, Jasmine, Tangerang Lama, Poris, Tiga Raksa, dan sekitarnya.

III

Gading Serpong sektor 1C, 1D, 1G dan Oleaster.

IV

Gading Serpong sektor 6, 7, 8, dan Monaco, Magnolia, L’Agricola, Michelia, Newton, Azalea, Il-Rosa, Spark, Scientia, Pascal, Glaze, Vienna, dan Dalton.

V

Kelapa Dua dan sekitarnya.

VI

Lippo Karawaci, Palem Semi, Binong, Villa Permata, Perumnas Karawaci, dan sekitarnya.

VII A dan VII B

Alam Sutera, Graha Hijau, Bintaro Regensi, Ciledug, dan sekitarnya.

VIII A dan VIII B

Dasana Indah, Medang Lestari, Permata Medang, Teratai, dan Legok.

IX

Alexandrite, Beryl, Crystal, Il-Lago, Pondok Hijau Golf (PHG), Catalina/Telaga Gading Serpong, dan sekitarnya.

X

Villa Melati Mas, BSD, dan sekitarnya.

Jemaat dari setiap wilayah diberi kesempatan untuk melayani dalam ibadah (mengisi pujian, dalam bentuk paduan suara atau grup vokal, sebagai kolektan, lektor, ataupun penyambut jemaat). Hampir semua wilayah mengikutinya, dan hal ini memperoleh sambutan antusias dari seluruh jemaat.

Dengan kegiatan ini, panitia mengharapkan kegiatan pelayanan di GKI Gading Serpong bisa saling bersinergi dan terintegrasi. Ibadah Sabtu Sunyi, misalnya, adalah hasil kolaborasi antara tim persekutuan doa dan tim persekutuan wilayah. Persekutuan wilayah yang seyogianya dilakukan di masing-masing wilayah, dan kegiatan rutin persekutuan doa tiap Sabtu, kali ini dijadikan satu dalam ibadah Sabtu Sunyi.

Selain antusiasme, juga dirasakan euforia jemaat dalam keterlibatannya di rangkaian kegiatan pra-Paskah ini. Pnt. Shasy, yang mendampingi wilayah IV menjelaskan, panitia mendorong dan memberikan semangat kepada jemaat yang sudah ambil bagian dalam pelayanan Paskah, untuk masuk ke komisi dan mendaftarkan diri untuk mengambil bagian dalam pelayanan rutin.

Pnt.Elang menambahkan, banyak apresiasi positif atas pelibatan wilayah sebagai pengisi pujian. Sebelumnya, sulit untuk mengajak jemaat dewasa muda mengikuti persekutuan wilayah. Namun, dengan kegiatan rangkaian pra-Paskah ini, semua jurang antar generasi bisa dijembatani. Bahkan, untuk menyambut tamu pun melibatkan keluarga. Di wilayah ada gairah dan semangat baru untuk bersekutu dan melayani.

Suka Duka Panitia

Bagaimana dengan suka duka sebagai panitia Paskah? Menjawab pertanyaan ini, Pnt. Elang mengatakan, lebih banyak sukanya. Mengajak semua jemaat untuk bisa menikmati, mengikuti, melakukan kegiatan Paskah, walaupun tidak sempurna, semuanya adalah bagian dari sebuah proses. “Saya sebagai ketua harus menikmati proses dalam kegiatan persiapan, koordinasi, dan pelaksanaan Paskah.”

“Saya sangat bersyukur dan bersukacita dapat melayani Tuhan dalam kepanitiaan kali ini,” sahut Pnt. Lydia.  Sedangkan Pnt.Shasy mengatakan, “Pelayanan harus dilakukan dengan sukacita, karena Tuhan lebih dahulu melayani kita.” Hal inilah yang membuatnya bisa berjalan bersama dalam menghadapi pelbagai perbedaan. “Ini pelayanan pertama saya dalam kepanitiaan Paskah,” jawab Vuri, “Awalnya saya kira sangat sulit. Ternyata, semua panitia saling membantu dan berkoordinasi, sehingga acara berlangsung dengan baik, dan membawa berkat untuk semuanya.”

Total anggota panitia ada 40 orang. Setiap komisi mengirimkan satu orang wakil, agar semua dapat terkoordinasi dengan baik. Berikut adalah daftar anggota Panitia Paskah 2024:

Penasihat:

Pdt. Andreas Loanka

Pdt. Santoni Ong

Pdt. Danny Purnama

Pdt. Erma Primastuti Kristiyono

Pdt. Devina Erlin Minerva

Majelis Pendamping:

Pnt. Ricky Kosasih

Pnt. Johanes Wibowo

Ketua:

Pnt. Elang Rabindra Wira Handika

Sekretaris:

Pnt. Lydia Kurniawati

Bendahara I:

Pnt. Shasy Indria Sukmawati

Bendahara II:

Jayanti Indra Vuri

Sie Acara:

Ratna Kartika (koordinator)

Evyliana Diapari

Handy Santoso Sutanto

Iranta Bona Sinaga

Kornelius Murdiyono

Mary Cahaya Samosir

Reni Yuliastuti

Toba Parluhutan Sitorus

Sie Doa:

Budiati Marunduri

Sie Konsumsi:

Lydia Suherman (koordinator)

Arina Riado Siahaan

Kristi Yulianti Wijaya

Dekorasi:

Sartono (koordinator)

Tim KDW

Multimedia:

Mahardi Arifin Lie (koordinator)

Adiguna

Publikasi dan Dokumentasi:

Jason Agustian Firnanda

Samuel Cussoy

Tim Imago Deus

Perlengkapan:

Hanadi (koordinator)

Pnt. Franky Cussoy

Tjiong Tek Siong

Keamanan:

Lopo

Penghubung Komisi:

Anak:

David Satyawan

Youth & Teens:

Pnt. Fabian Chandra

Dewasa Muda:

Pnt. Michael Ignatius Suyanto

Dewasa Wanita:

Stevannie Setiaindriati Mulyani

Ibadah:

Israil Sembiring Meliala

KesPel:

Pnt. Yusuf Gala

Liturgi & Musik:

Pnt. Imelda Sukmawati Tandhana

Pnt. Adolf Martua Panggabean

Kesehatan:

Pnt. dr. Febryna Grace Maya Waloni

Dalam wawancara ini, panitia menyampaikan pesan untuk seluruh jemaat GKI GS. Sesuai dengan tema perayaan Paskah, kiranya jemaat GKI GS pun terjun dalam pelayanan-pelayanan di komisi yang ada, karena Tuhan sudah membukakannya untuk kita semua. Selain itu, banyak kegiatan pra-Paskah yang dapat dilakukan, seperti 40 hari doa pra-Paskah, serta aksi pra-Paskah berupa celengan, yang akan diberikan kepada pendeta-pendeta emeritus dan pasangan almarhum pendeta emeritus dalam lingkup GKI Sinode Wilayah Jawa Barat.

Ketika ditanyakan kepada para panitia, apa yang menjadi harapan mereka dalam kegiatan ini, Pnt. Elang mengatakan, “Saya melihat ini sebagai tantangan untuk lebih meningkatkan pelayanan kami dalam kegiatan gereja. Tidak menunggu orang lain bergerak, tapi melalui diri saya sendiri, sesuai yang Tuhan inginkan, supaya bisa bertumbuh sebagai jemaat GKI GS.” Pnt. Shasy menambahkan, “Biarlah pelayanan-pelayanan yang dilakukan dapat menjadi berkat di dalam jemaat maupun di luar, misalnya pelayanan di poliklinik, bantuan sosial, pelayanan Komisi Dewasa Wanita (KDW) di posyandu.” Sedangkan Pnt. Lydia berharap, “Gereja kita semakin terintegrasi, tidak berjalan sendiri-sendiri, dan semakin erat, tidak tumpang tindih dalam melakukan kegiatan, dan dapat saling bersinergi.”

Mewakili panitia, Pnt. Elang menyimpulkan, kegiatan rangkaian Paskah GKI GS disambut antusias oleh jemaat.  “Kami mengucapkan syukur kepada Tuhan, untuk respons dan antusiasme jemaat dalam mengikuti seluruh rangkaian ibadah Paskah. Sebagai catatan, pada saat ibadah Jumat Agung yang bersamaan dengan perjamuan kudus, terjadi ledakan kehadiran jemaat dalam empat kali ibadah yang diselenggarakan. Ada 3380 jemaat yang hadir.  Walaupun panitia menyadari adanya faktor ibadah gabungan dari KDM dan Youth & Teens yang juga mengikuti perjamuan kudus, namun semangat jemaat mengikuti ibadah ini harus dicatat dan diantisipasi dalam kegiatan-kegiatan berikutnya. Kiranya kepanitiaan selanjutnya dapat mengatur lebih baik lagi sirkulasi kegiatan jemaat, supaya tidak terjadi penumpukan dan antrian jemaat maupun kendaraan, menjelang waktu beribadah.”

Dan wawancara ini pun ditutup dalam doa oleh Pnt. Elang. Selamat untuk seluruh panitia yang sudah bekerja dengan sukacita!